Maman Wijaya (MW)

My Opinions and Ideas

Maman Wijaya (MW) Pembelajaran,Pendidikan ANALISIS POTENSI PENERAPAN TEORI MUATAN KOGNITIF DALAM BUKU PELAJARAN FISIKA

ANALISIS POTENSI PENERAPAN TEORI MUATAN KOGNITIF DALAM BUKU PELAJARAN FISIKA


Percobaan GGL Induksi

Abstraks

Pelajaran fisika sering dianggap sulit. Buku pelajaran fisika juga susah dipahami. Di pihak lain, ada temuan dari Teori Muatan Kognitif yang menyatakan bahwa sajian informasi dapat dikemas sedemikian rupa sehingga kognisi orang yang membacanya bisa bekerja secara maksimal. Hal itu membantu mempermudah penyerapan informasi dari isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi penerapan Teori Muatan Kognitif dalam buku pelajaran Fisika, dengan metode deskriptif analitis. Subyeknya berupa tiga buah buku penalajaran Fisika SMA kelas 1 yang dipilih secara acak, untuk topiknya Kinematika dan Dinamika. Uraian materi dalam buku-buku itu ditelaah apakah mengandung hal-hal berikut atau tidak: (1) bagi konsep baru, tidak dilengkapi contoh konkrit; (2) sajian yang berlebihan; (3) sajian yang dapat membagi perhatian; (4) metode atau bentuk sajian yang tidak tepat; dan (5) pemberian petunjuk atau gambar yang tidak jelas. Bila dari kelima hal itu ada dalam sajian, maka diajukan saran bagaimana memperbaikinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga buku yang analisis tidak tampak memiliki potensi penerapan Teori Muatan Kognitif. Di sana-sini ditemukan sajian informasi yang tidak dilengkapi contoh konkrit (bagi konsep baru), berlebihan, dapat membagi perhatian, tidak tepat metode atau bentuk sajiannya, dan tidak jelas pemberian petunjuk atau gambarnya. Keadaan seperti itu akan mempersulit pembaca untuk memahami isinya dengan baik. Sebaiknya buku-buku pelajaran didesain dengan menerapkan Teori Muatan Kognitif agar materi pelajaran mudah dicerna dan dipahami siswa sehingga mereka dapat mempelajarinya dengan lebih efisien. Untuk topik baru selalu disertai contoh konkrit, penyajian gambar atau tambahan informasi tidak berlebihan, sajiannya tidak membuat perhatian terbagi, menggunakan metode dan bentuk sajian yang tepat, serta petunjuk dan gambar yang disajikan itu jelas.

.

.

Bagi teman-teman yang mempunyai tulisan atau karya yang bisa bermanfaat buat para pembaca dan ingin dipublikasikan di website ini, bahan bisa kirim ke email: mamanwjy@gmail.com. Terima kasih.

2 thoughts on “ANALISIS POTENSI PENERAPAN TEORI MUATAN KOGNITIF DALAM BUKU PELAJARAN FISIKA”

  1. pupung damayanti says:

    Kereeeen….Pelajaran Fisika di jaman saya tdk banyak yang berminat mungkin karene metode yg digunakan kurang menarik, di jaman millenial sangat perlu pengembangan metode pembelajaran ini

    1. Maman Wijaya says:

      Hatur nuhun. Tulisan kebudayaanya ditunggu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TopBack to Top