Maman Wijaya (MW)

My Opinions and Ideas

Maman Wijaya (MW) Fisika,Pembelajaran,Pendidikan Pembuatan Alat Hidrometer Sederhana Sebagai Contoh Kreativitas bagi Guru Fisika SMA

Pembuatan Alat Hidrometer Sederhana Sebagai Contoh Kreativitas bagi Guru Fisika SMA


Pa SC Sedang Demo

mamanwijaya.com, @mamanwjy

Menurut kurikulum Fisika SMA, bahan kajian fisika di SMA dikembangkan dari bahan kajian fisika di SMP, diperluas sampai kepada bahan kajian yang mengandung konsep abstrak dan dibahas secara kuantitatif analitis. Akan tetapi untuk konsep Tekanan Hidrostatik yang di SLTP dibahas melalui percobaan menggunakan alat Hartel, ternyata di SMA hanya dibahas melalui diskusi sampai pada persamaan p=rho(gh).

Agar terjadi pengembangan proses belajar dan perluasan kajian materi fisika di SMA, maka untuk memperoleh konsep Tekanan Hidrostatik dalam pembelajaran haruslah diupayakan melalui percobaan sampai diperoleh hubungan seperti yang ditunjukan dalam persamaan p=rho(gh) di atas.

Masalahnya adalah alat yang diperlukan untuk melakukan percobaan tersebut belum ada, berbeda dengan alat percobaan fisika yang lainnya yang telah tersedia di laboratorium-laboratorium SMA atau di laboratorium yang lainnya. Oleh karena itu penulis berusaha merancang dan membuat alat yang diperlukan tersebut. Alat yang dibuat itu selanjutnya disebut Model Alat Hidrometer Sederhana.Tujuannya adalah untuk mengembangkan proses dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam memperoleh konsep Tekanan Hidrostatik dan sekaligus dapat menerapkannya untuk hal lain, seperti menentukan massa jenis zat cair.

.

.

.

Bagi teman-teman yang mempunyai tulisan atau karya yang bisa bermanfaat buat para pembaca dan ingin dipublikasikan di website ini, bahan bisa kirim ke email: mamanwjy@gmail.com. Terima kasih.

2 thoughts on “Pembuatan Alat Hidrometer Sederhana Sebagai Contoh Kreativitas bagi Guru Fisika SMA”

  1. Majapahit says:

    Yang bikin alatnya, yang difoto atau yang nulis ?

    1. Maman Wijaya says:

      Yang bikin alat ya yang nulls, yang difoto itu pa SC beretta alat yang dibikinnya, yaitu Tangki Riak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TopBack to Top