Maman Wijaya (MW)

My Opinions and Ideas

Maman Wijaya (MW) Kebudayaan,Pembelajaran,Pendidikan Tiga Pertanyaan Penting dalam Revolusi Mental

Tiga Pertanyaan Penting dalam Revolusi Mental



Oleh Maman Wijaya, 2020.

.

Bisakah mental seseorang itu diubah? Andaikan bisa, dengan cara apa mengubahnya? Mengapa harus diubah?

Mental itu sesuatu yang abstrak yang ada dalam diri seseorang. Sulit diamati.

Bila sinonim kata mental kita searching di internet, setidaknya akan muncul 96 kata padanan. Banyak ragamnya. Tapi pada dasarnya, mental itu adalah konsep dan cara berpikir seseorang untuk dapat belajar dan merespon sesuatu.

Sederhananya, dengan melihat respon yang kasat mata kita bisa mengetahui proses mental yang terjadi pada diri seseorang. Mungkin di antara kita ada yang pernah mendengar ungkapan: “Si A berubah pikiran setelah melihat setumpuk uang. Ternyata dia (si A) itu bermental tempe. Si B tidak bergeming. Dia (si B) bermental baja. Sementara yang satunya lagi (si C) seperti tidak mengetahui apa-apa, mungkin dia menderita gangguan mental.”

Pada ungakapan di atas terdapat dua hal yang bisa ditelusuri.

Pertama, proses mental yang terjadi pada A dan B, ditinjau dari sisi teori kognitif Peaget, diawali dengan adanya asimilasi, berupa proses penyerapan informasi dan sekaligus mengasimilasikan dengan informasi yang sudah tersedia di dalam kognisinya, sehingga terjadi disequilbirum.

Selanjutnya dilakukanlah proses adaptasi antar informasi yang berasal dari dua arah itu untuk mencapai new equilibrium, dan kemudian memberikan respon sesuai keseimbangan baru tersebut. Dalam teori belajar, informasi yang sudah tersimpan di dalam kognisi sebelum terjadi proses asimilasi disebut prior knowledge.

.

Uraian lebih lanjut dapat dibaca pada BRAFOPMK, Majalah Kemenko PMK. Edisi o6, Desember 2020. Hlmn. 24-25, di link berikut ini:

https://online.flippingbook.com/view/350934/

.

Kunjungi website mamanwijaya.com di link

http://www.mamanwijaya.com

.

.

Bagi teman-teman yang mempunyai tulisan atau karya yang bisa bermanfaat buat para pembaca dan ingin dipublikasikan di website ini, bahan bisa kirim ke email: mamanwjy@gmail.com. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TopBack to Top